Tertarik Menggunakan Granit Bermotif Kayu? Simak 5 kelebihannya!

Membahas material kayu tentu tidak habisnya. Bahkan, sampai sekarang material kayu masih dikagumi masyarakat untuk menghiasi hunian mereka. Baik untuk melapisi permukaan lantai maupun dijadikan perabotan rumah. Alasannya sangat sederhana, karena motif kayu memiliki kesan alami. Namun, material kayu rentan mengalami kerusakan, yang membuat Anda harus berpikir ulang sebelum menggunakan material ini.

Eits, jangan khawatir karena ada banyak material berkualitas yang tersedia dalam motif kayu. Salah satunya yaitu granit motif kayu. Lalu, apa saja kelebihannya?

1. Daya Tahan yang Kuat

Pada kondisi cuaca yang ekstrem, dapat membuat material kayu berubah bentuk, sehingga membuat tampilannya tidak lagi menawan. Di samping itu juga rentan terhadap serangan rayap dan tidak tahan panas. Namun beda lagi cerita, jika Anda menggunakan granit bermotif kayu yang memiliki daya tahan kuat. Material granit ini pada dasarnya tidak mudah berubah bentuk, anti rayap, dan tahan terhadap suhu yang tinggi, yang menjadikannya lebih unggul dari kayu asli.

2. Penggunaan Tiada Batas

Jika menggunakan material kayu asli, Anda perlu memperhatikan adanya batasan penggunaan di tempat – tempat tertentu. Seperti di dapur, kamar mandi, dan area outdoor. Pasalnya, area – area tersebut memiliki kondisi yang lembab, basah, dan panas. Sehingga menyebabkan kayu menjadi mudah lapuk dan membahayakan penghuni.

Granit motif kayu dapat digunakan di mana saja, mulai dari pengaplikasiannya sebagai pelapis dinding hingga lantai kamar mandi. Meski terkena air setiap hari, granit tidak mudah hancur. Granit dengan motif ini juga cocok dijadikan material backsplash atau countertop di dapur Anda. Bersifat tahan panas yang akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan aman, karena tidak menyerap api dengan mudah.

3. Hemat Biaya

Umumnya, granit motif kayu memiliki ketahanan yang kuat. Dengan begitu, biaya perawatannya juga lebih hemat bila dibandingkan dengan material kayu asli. Perawatan yang dibutuhkan hanya pemolesan ulang ketika permukaannya mulai kusam. Kalau memang ada granit motif kayu yang rusak, Anda hanya perlu memperbaiki atau mengganti area yang rusak tadi. Tentunya dengan motif kayu yang sama dan dari produsen yang sama, agar tampilannya selaras. 

Berbeda dengan material kayu asli, yang membutuhkan perawatan ekstra untuk melindungi dari serangan rayap dan rembesan air. Sedangkan, jika ada bagian yang rusak, Anda perlu mengganti keseluruhan agar tampilannya sama. Hal ini yang membuat granit motif kayu lebih unggul dari material kayu asli. 

4. Tampilan Seperti Kayu Asli

Kecanggihan teknologi membuat produsen menciptakan motif granit yang benar – benar terlihat seperti kayu asli. Jika dilihat sekilas, granit motif kayu seperti tidak ada bedanya dengan material kayu sungguhan. Membuat suasana hunian terlihat alami dan hangat.

Selain itu, granit bermotif kayu memiliki pilihan yang beraneka ragam, sehingga Anda dapat memilih yang paling pas dengan konsep hunian dan selera Anda. Mulai dari desain rumah Jepang yang modern, minimalis, hingga oriental, semuanya cocok menggunakan granit motif kayu.

5. Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan granit motif kayu, secara tidak langsung Anda telah berpartisipasi dalam gerakan ramah lingkungan. Faktanya, hampir 20 juta pohon ditebang setiap tahun. Beberapa di antaranya menjadi material hunian. Penebangan pohon dalam jumlah yang banyak secara terus – menerus menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem, banjir, dan pemanasan global.

Produksi granit bermotif kayu sendiri tidak berdampak negatif secara langsung pada lingkungan. Penggunaannya dapat mencapai puluhan tahun, sehingga tidak perlu mengganti yang baru dalam waktu dekat. Produsen juga tidak perlu berlomba – lomba menambang granit. Sisa – sisa granit bisa diolah menjadi tile baru yang siap pakai.

 

sumber : dekoruma.com