Wajib Tahu! Inilah Jenis Wastafel Berdasarkan Instalasinya

Apa yang ada di benak Anda ketika memikirkan tempat cuci tangan? Yups, wastafel jawabannya. Tapi, apakah Anda tahu jika banyak jenis wastafel? Jika belum, mari simak artikel berikut.

Wastafel sudah banyak digunakan oleh masyarakat, baik untuk di rumah, kantor, mall, atau tempat makan. Pemasangan wastafel sendiri juga bermacam – macam, mulai dari di luar toilet sampai di dalam toilet. Begitu juga pemasangan di rumah, ada yang menempatkan wastafel di luar kamar mandi, ada juga yang di dalam kamar mandi. Bahkan, ada juga yang menempatkan wastafel di luar dan di dalam kamar mandi. Wah, itu tergantung selera dan kebutuhan ya kembali lagi kepada pengguna, Anda merasa nyaman meletakkan wastafel di salah satu posisi atau keduanya tidak masalah. Namun, sebelum Anda memasang wastafel di lokasi yang Anda inginkan, Anda perlu mengetahui jenis – jenis wastafel berdasarkan cara instalasinya. Agar Anda lebih mudah menyesuaikan jenis wastafel dengan lokasi pemasangan. Berikut jenis – jenis wastafel berdasarkan instalasinya :

1. Wastafel Gantung atau Dinding (wall-mount)

Paling banyak digunakan karena minimalis. Anda mungkin pernah menjumpai wastafel jenis ini di rumah atau di toilet umum. Wastafel ini dipasang dengan cara ditempelkan ke dinding, sehingga sangat simple dan minimalis.

Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak memakan tempat. Wastafel ini memiliki ukuran sekitar 25 – 48 cm atau 45 – 72 cm. Wastafel ini sangat efektif karena memiliki ruang (kolong) di bawahnya, yang mana jika ada anggota keluarga atau tamu yang menggunakan kursi roda dapat leluasa untuk bergerak.

2. Wastafel Pedestal

Instalasi yang rapi dengan saluran pipa yang tersembunyi. Wastafel jenis ini cocok jika Anda merasa tidak nyaman melihat pipa pembuangan air yang terlihat. Wastafel ini memiliki kaki yang berguna untuk menopang mangkuk wastafel sekaligus menyembunyikan instalasi pipa. Cocok dipasang di area indoor ataupun outdoor. Ada juga saudara dari wastafel jenis ini yaitu wastafel semi-pedestal yang kakinya tidak sampai menyentuh lantai. Biasa dipilih untuk rumah klasik atau semi klasik. Namun untuk pemeliharaannya tidak semudah wastafel gantung, karena Anda perlu membuka alasnya terlebih dahulu.

3. Wastafel Mangkuk (top-mount)

Cocok untuk di kamar mandi. Wastafel jenis ini sangat pas untuk kamar mandi Anda yang luas dengan gaya kontemporer. Wastafel mangkuk dipasang di atas meja, sehingga membutuhkan ruangan yang lebih luas.Ukurannya beragam, tapi biasanya cukup besar dan lebar sekitar 42,5 cm dan tinggi sekitar 17 cm. Dengan ukuran yang dimiliki, Anda dapat merendam wajah dengan air hangat pada wastafel ini. Perlu diingat, ketinggian meja Anda harus lebih rendah dari wastafel undermount, biasanya meja akan diatur dengan ketinggian 70 cm. Dan, Anda juga harus memperhatikan jenis fitting kran yang dipilih, karena umumnya akan dipasang lebih tinggi dari standar.

4. Wastafel Sudut

Paling menghemat tempat. Dapat menjadi solusi bila kamar mandi Anda sempit. Wastafel ini memiliki ukuran seperempat lingkaran, sehingga bisa dipasang di sudut ruangan. Biasa digunakan di area service atau toilet tamu. Melihat dari ukurannya yang minimalis, Anda harus berpikir ulang ketika ingin meletakkan barang di atasnya karena keterbatasan area.

5. Wastafel drop-in

Simple dan modern. Jenis wastafel ini dipasang dengan cara ditenggelamkan ke dalam meja dan hanya menyisakan bagian bibir wastafel. Sudah banyak toilet mall dan area umum yang menggunakan wastafel jenis ini. Namun, bibir wastafel yang menonjol mungkin akan membuat Anda kesulitan untuk menyeka air dari meja wastafel. Tapi kembali lagi pada cara pemasangannya ya.

6. Wastafel undermount

Membuat kesan pada meja terasa lebih luas. Selain luas, wastafel jenis ini juga memberi kesan yang rapi, bersih, dan modern. Sebelum memilih jenis wastafel ini, Anda perlu memperhatikan finishing meja terlebih dulu agar serasi dengan bentuknya. Kemudian, pilihlah bahan – bahan meja yang tahan air, karena setiap penggunaan wastafel cenderung membuat meja basah. Wastafel ini sangat memudahkan Anda untuk membersihkan meja dan menyeka air.

Ternyata, sebelum membeli wastafel kita juga harus mengetahui jenis wastafel berdasarkan instalasinya ya. Agar kita tidak salah memilih wastafel yang nantinya akan memberi kesan tersendiri pada tampilan tempat kita. Untuk info dan tips bermanfaat lainnya, silahkan cek di anugrahbangunan.com.
Yuk cek wastafel dan perlengkapan kamar mandi terbaik dari toto di sini!

Sumber : my-best.id & toto.co.id