Cara Menghilangkan Jamur Lendir yang Menyumbat Wastafel!

Wastafel adalah salah satu fitur yang sering digunakan di dalam dapur maupun kamar mandi. Residu makanan, sabun, serta lainnya setiap hari meluncur ke bawah pipa untuk disalurkan ke pembuangan akhir. Maka dari itu, terkadang ada lendir atau jamur yang bisa terbentuk di saluran wastafel ini. Dilansir dari Home Guides SF Gate, Senin (9/5/2022), selain membuat tampilan buruk, hal ini juga membahayakan kesehatan. Anda harus menghilangkan jamur di bak cuci atau wastafel secepat mungkin, dan melakukannya dengan cara yang aman.

Berbahaya untuk kesehatan

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), jamur yang dapat menyebabkan batuk, ruam kulit, mengi atau sakit tenggorokan, bisa sangat berbahaya bagi orang yang memiliki alergi atau asma atau yang kekebalannya terganggu. Jamur ada di mana-mana, dan kemungkinan besar menyebar di tempat-tempat yang mungkin lembap, seperti insulasi, kain, sistem AC, jendela, wastafel, dan saluran air. Para ahli telah mengidentifikasi “bio slime,” juga disebut sebagai “lendir mikroba,” di dapur dan kamar mandi. Ini mengandung jamur dan bakteri yang menyebar di permukaan, dan tumbuh lebih cepat di dekat sumber makanan dan air. Penulis untuk United Utilities menuliskan bahwa bio slime dapat berwarna kehitaman atau abu-abu dan berlendir, atau dapat menghasilkan noda merah atau merah muda. Beberapa bio slime yang dapat hidup di pipa dan di sekitar keran, dapat membuat air terasa apek.

Upaya pencegahan

Untuk mencegah tumbuhnya segala jenis jamur atau lendir, jaga kebersihan area dari sumber makanan potensial. Ini termasuk hal-hal biasa yang Anda makan dan minum, ditambah propelan dari deodoran dan hairspray, dan bahkan sisa sabun dan sampo. Jaga kebersihannya dengan campuran cuka bening dan soda kue atau produk pembersih komersial. Untuk membersihkan bio slime di keran wastafel, gunakan larutan pemutih encer atau pembersih dapur atau kamar mandi rumah tangga dengan menggosokan di sekitar dasar keran dengan sedikit sikat yang dicelupkan ke dalam pemutih.

Anda dapat membunuh jamur di wastafel dengan mencampur hidrogen peroksida atau cuka putih suling dan sedikit soda kue. Buat pasta dan gosok dengan sikat non-abrasif atau waslap. Jika jamur di wastafel dibiarkan tanpa pengawasan, jamur bisa masuk ke saluran pembuangan dan mulai menyumbatnya. Mengatasi lendir di saluran wastafel Para penulis untuk Markham Services merekomendasikan merebus air dan menuangkannya ke saluran pembuangan. Anda juga bisa menuangkan secangkir cuka putih ke dalam wadah, tambahkan cangkir soda kue, campur dan tuangkan larutan ke saluran pembuangan. Berikan waktu 10 hingga 15 menit untuk bekerja, dan siram dengan air dari keran.

Mengatasi lendir di saluran wastafel

Para penulis untuk Markham Services merekomendasikan merebus air dan menuangkannya ke saluran pembuangan. Anda juga bisa menuangkan secangkir cuka putih ke dalam wadah, tambahkan cangkir soda kue, campur dan tuangkan larutan ke saluran pembuangan. Berikan waktu 10 hingga 15 menit untuk bekerja, dan siram dengan air dari keran.

Ahli pipa Benjamin Franklin merekomendasikan untuk menuangkan satu cangkir soda kue ke saluran pembuangan, lalu merebus dua gelas air dan menuangkannya. Tunggu sekitar 10 menit, dan siram dengan air panas. Mereka menyarankan melakukan ini sebagai tindakan pencegahan setiap bulan untuk mencegah pertumbuhan jamur di saluran air. Menggunakan pemutih tidak disarankan, karena dapat merusak pipa dan tidak sehat untuk paru-paru Anda.

 

Sumber : www.kompas.com