Berikan Kesan Mewah di Rumah hanya dengan Lantai Granit!

Harganya yang tidak murah membuat lantai granit dipandang sebagai sebuah kemewahan. Granit sendiri sebenarnya adalah jenis batuan yang berasal dari magma yang membeku. Dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, lantai granit lebih kokoh dan tidak mudah pecah. Permukaannya yang berkilau membuatnya tampak elegan.

Buat kamu yang tertarik memasang lantai granit di rumah, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu serba-serbi lantai granit yang diulas di sini. Simak baik-baik ya, supaya kesan mewah dari lantai granit bisa didapat secara optimal.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

freshome.com

Lantai granit memang memiliki banyak kelebihan seperti tebal dan kuat karena melalui proses pembakaran hingga 1000° Celcius. Meski begitu, permukaan lantai granit tetap halus dan sangat cemerlang, hal inilah yang membuat lantai granit tampak mewah.

Selain mewah, kesan eksklusif juga didapat karena lantai granit hanya memerlukan minim bahkan tanpa sambungan sama sekali. Di samping itu, lantai granit lebih tahan lama juga tahan terhadap goresan dan noda. Meski memiliki keunggulan yang luar biasa, bukan berarti lantai granit tidak memiliki kekurangan. Pemasangan lantai granit cukup rumit, jadi sebaiknya menggunakan jasa profesional.

Pilihan Warna Pada Lantai Granit

housebeautiful.com

Lantai granit memiliki beberapa warna yang sebaiknya dipilih berdasarkan fungsi ruang, sehingga karakter ruangan dan warna lantai granit dapat menjadi komposisi yang pas. Lantai granit berwarna hitam baiknya dipasang pada dapur atau kamar mandi untuk memberikan kesan tegas dan teduh.

Lantai granit berwarna biru juga bisa memberikan kesan megah pada kamar mandi. Sedangkan lantai granit warna putih cocok untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Lantai granit berwarna hijau bisa memberikan kesan santai dan sejuk di perpustakaan atau ruang kerja. Biasanya, lantai granit berwarna cokelat muda pantas dipasang pada teras rumah.

Motif Lantai Granit

homify.de

Selain warna, motif lantai granit juga harus selaras dengan desain ruangan. Misalnya saja, motif abstrak pas untuk menonjolkan kemewahan terutama jika dilengkapi dengan furnitur yang modern. Namun jika kamu suka nuansa yang lebih kalem, lantai granit polos mampu menghadirkan ketenangan di ruang keluarga.

Lantai granit bercorak geometris cocok untuk desain ruangan yang klasik dan elegan, ruang tamu bahkan ruang kerjamu dapat terlihat menawan. Jika ingin menghadirkan kesan yang hangat dan anggun, lantai granit bermotif floral pas dipasang pada kamar tidur atau ruang keluarga. Paduan lantai granit bermotif floral dengan perabot berbahan kayu akan menghasilkan kesan natural.

Lantai Granit untuk Teras yang Menarik Perhatian

pinterest.de

Tampilan muka rumah seperti teras harus diperhatikan karena mampu membangun kesan pertama. Jika kamu ingin kesan mewah terpancar dari rumahmu, lantai granit dapat menarik perhatian mata. Lantai granit yang terasa dingin bisa memberikan sensasi sejuk pada desain teras di rumah, sehingga bersantai atau acara ngumpul di teras jadi lebih nyaman.

Di sisi lain, lantai granit juga tahan air dan jamur, sehingga tidak mudah rusak oleh cuaca. Teras juga biasanya tidak memakai banyak furnitur sehingga bisa mengurangi gesekan pada lantai granit. Dari sisi estetika, permukaan berbintik pada lantai granit dapat memberikan nuansa alami pada teras.

Lantai Granit untuk Ruang Tamu yang Artistik

zillow.com

Jika kamu ingin membuat tamu dan kerabat terkagum dengan desain interior rumahmu, maka yang akan pertama kali mereka rasakan adalah ruang tamu. Lantai granit pada ruang tamu dapat memberikan kesan mewah, terutama pada ruang tamu bergaya kontemporer.

Namun jangan lupa untuk selalu seimbang, jika kamu mau menunjukkan keberadaan lantai granit dengan memilih warna yang cenderung gelap, maka gunakanlah furnitur berwarna terang seperti sofa putih atau bantal dekorasi pastel. Sebaliknya, jika kamu ingin menunjukkan suasana yang bersih dan terang, lantai granit berwarna putih cocok diaplikasikan.

Lantai Granit untuk Kamar Tidur yang Sejuk

archiexpo.com

Siapa bilang lantai granit tidak cocok dipasang di kamar tidur? Jika kamu tinggal di daerah bersuhu tinggi, lantai granit justru bisa memberikan kesejukan pada kamar tidur. Di samping itu, tentu saja kamu juga berhak merasakan kemewahan lantai granit saat menghabiskan waktu di dalam kamar. jika kamu ingin nuansa klasik yang menawan, lantai granit bercorak kayu dapat dipilih.

Lantai Granit untuk Dapur yang Elegan

saxondesigns.co.uk

Dapur yang elegan berkat sentuhan lantai granit pastinya bisa membangkitkan mood dalam memasak. Selain membuat dapur tampak lebih mewah, noda yang biasa dihasilkan saat memasak dan jatuh pada lantai jadi lebih mudah dibersihkan. Hasilnya, dapur tidak gampang terlihat kotor.

Jika kamu memiliki desain dapur kecil, kamu bisa memasang lantai granit tanpa sambungan untuk ilusi yang lebih lapang. Jangan pernah memotong lantai granit berbentuk kotak-kotak besar karena hanya akan membuat ruangan semakin terasa kecil. Dalam pemilihan warna, kombinasi lantai granit berwarna gelap dengan peralatan masak stainless steel mampu memberikan nuansa modern yang mewah.

Lantai Granit untuk Kamar Mandi yang Megah

freshome.com

Selain memberikan tampilan mewah ala kamar mandi hotel berbintang, lantai granit cocok sekali dipasang pada kamar mandi karena komposisinya yang lebih padat sehingga tidak menyerap air. Di samping itu, meski permukaan lantai granit terasa lembut namun teksturnya tetap kesat sehingga tidak licin. Tak perlu khawatir soal kekuatan lantai granit, lantai jenis ini tidak mudah retak seperti lantai keramik.

Kamu bisa memilih warna yang lebih gelap seperti hitam atau abu-abu untuk tampilan kamar mandi yang lebih rileks dan ornamen berwarna cerah seperti merah atau kuning sebagai aksen.

Pemasangan Lantai Granit

pinterest.com

Pemasangan lantai granit diawali dengan membuat dasaran berupa lapisan semen. Agar nantinya lantai granit bisa terpasang dengan rapi, lapisan semen dibuat sedatar mungkin. Setelah itu, lapisan semen yang telah mengering ditutupi oleh perekat.

Selanjutnya, pasanglah lantai granit dari dalam ke luar. Hal ini berarti kamu harus memasangnya mulai tengah ruangan hingga ke tepi dan bukan sebaliknya. Karena jika tidak, pemasangan lantai granit akan berantakan. Apabila lantai granit sudah terpasang, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 hari agar lantai granit mengering. Untuk menghindari kesalahan, kamu sebaiknya menggunakan jasa profesional.

Perawatan Lantai Granit

womag.co.za

Agar lantai granit tahan lama, tentu saja dibutuhkan perawatan yang sesuai dengan karakteristiknya. Untuk membersihkannya dari kotoran, tidak perlu menggunakan air tetapi cukup dengan mengusapkan lap yang agak lembab. Setelahnya, jangan lupa cepat dikeringkan dengan lap kering. Dalam beberapa minggu sekali, gunakanlah cairan pembersih khusus granit agar tidak ada noda kerak. Hindari cairan asam atau yang bersifat abrasif mengenai lantai granit. Untuk menghindari goresan, gunakan kain yang agak tebal sebagai alas kaki furnitur.


Meski harus mengeluarkan anggaran yang besar, penggunaan lantai granit tentu saja sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Selain itu, lantai granit yang awet sampai bertahun-tahun bisa menjadi pertimbanganmu. Tertarik memasang lantai granit di rumahmu?

Kalau kamu sedang mencari bahan bangunan yang berkualitas untuk hunianmu,  juga menjual bahan bangunan selain granit, seperti genteng, seng, tandon, keramik, dan bahan bangunan lainnya. Selain bahan bangunan, Kamu juga bisa menemukan aneka jenis sanitary, closet  dan kebutuhan kamar mandi lainnya.  Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Anugrah Bangunan!

Sumber: www.dekoruma.com