Tips Memilih Granit Tile yang Berkualitas

Granit tile merupakan salah satu bahan bangunan yang memiliki kaitan erat dengan estetika. Pengaplikasian granit dapat menciptakan kesan mewah dan luas pada bangunan atau rumah Anda. Namun, pemilihan yang kurang tepat dapat menyebabkan rumah Anda terlihat kurang rapi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih granit berkualitas unggul. Sayangnya, hanya segelinitir orang yang dapat membedakan lantai granit berkualitas tinggi dengan kualitas rendahan. Mirisnya, tak jarang orang salah pilih lantaran tergiur harga murah. Alhasil, ketika pemasangan, granit tidak simetris. Bahkan, beberapa di antaranya cacat. Padahal, granit merupakan jenis lantai yang memiliki ketahanan sangat bagus. Jika Anda pernah mengalami hal serupa, maka dapat dipastikan bahwa kualitas granit tersebut abal-abal. Nah, agar Anda terhindar dari salah pilih, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli granit. Apa saja? Berikut uraiannya.

Kualitas

Umumnya, kualitas granit terbagi menjadi empat tingkatan, yakni KW 1, KW 2, KW 3, dan KW 4. KW 1 merupakan jenis granit paling bagus di kelasnya. Sementara KW 4 merupakan kualitas terendah. Meskipun demikian, masing-masing kualitas memiliki kesamaan, yakni menawarkan granit berbagai ukuran dan motif. Ukuran 40×40 cm dan 60×60 cm tercatat sebagai jenis granit yang paling banyak diminati pasar. Di luar ukuran tersebut, tersedia ukuran lainnya, seperti ukuran 20×20 cm, 20×40 cm, 20×60 cm, 15×60 cm, 30×30 cm, dan 80×80 cm.

Warna


Sebagian besar produsen granit menghadirkan warna yang menarik. Namun, jika ditilik lebih dekat, ada perbedaan yang sangat signifikan antara KW 1, KW 2, KW 3, dan KW 4, yakni ketajaman warna. Granit KW 1 memiliki warna yang tajam dan sempurna. Sementara granit KW 2 memiliki warna yang cukup bagus, tetapi tidak setajam KW 1. Sisanya, baik KW 3 maupun KW 4, memiliki warna yang kurang tajam dan terdapat cela di beberapa bagian.

Motif


Motif granit KW 1 sangat sempurna, tidak ada cacat ataupun goresan. Lain halnya dengan KW 2, KW 3, dan KW 4. Semakin rendah kualitas granit, semakin tinggi tingkat kecacatan suatu produk. Selain bintik kecil, Anda pun dapat melihat pori-pori batu granit.

Ketahanan


Daya tahan granit tile KW 1 sangat bagus karena kuat, tidak mudah tergores, dan mengkilap. Sementara granit KW 2 memiliki permukaan yang sedikit cembung, tetapi ketahanannya pun cukup baik. Granit KW 3 memiliki ketahanan yang kurang begitu memuaskan dibandingkan KW2 dan KW1. Namun, jika disandingkan dengan granit KW 4, granit KW 3 lebih kuat dan awet.

Harga


Harga jual granit KW 1 per meternya dapat mencapai angka jutaan. Meskipun demikian, faktanya terdapat sejumlah produsen yang sengaja membuat granit murah, tanpa mengurangi kualitas. Namun, ingat, selisih harganya tidak begitu besar. Jika ada yang menjual granit dengan harga rendah berlabel KW 1, maka Anda patut waspada. Pasalnya, bisa jadi barang yang Anda beli merupakan granit KW 4. Granit ini memang dijual sangat murah karena memiliki cukup banyak kekurangan dibandingkan KW 1, KW 2, dan KW 3.Singkatnya, KW 4 adalah granit yang tidak lulus quality control sehingga dibanderol dengan harga rendah. Jadi, jangan mengharapkan kualitas jempol. Ingat, kualitas berbanding lurus dengan harga yang Anda keluarkan.

Demikianlah informasi mengenai ciri granit berkualitas. Dengan memperhatikan sejumlah tips di atas, Anda tidak akan keliru dalam membedakan kualitas granit tile, termasuk meja dapur granit. Jika Anda ingin membeli granit yang terjamin original, Anda bisa membeli di toko Anugrah Bangunan, Kami menjual granit tile dari berbagai macam merk dengan harga yang terjangkau dan berkulitas, serta terjamin original. Toko Anugrah Bangunan juga melayani pembelian secara online dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.

Sumber : www.sinarjayakeramik.com