Teknik Pemilihan Lantai Granit yang Baik!

Selain harganya lebih mahal, memilih granit memang perlu strategi sendiri yang sangat berbeda jika dibanding ketika memilih keramik. Sebab keramik merupakan hasil produksi pabrik yang sudah punya standar ukuran dan kualitas baku. Granit ini sendiri merupakan jenis batu beku plutonik yang punya sifat kuat dan keras. Karena itu selain digunakan untuk interior, material ini juga sering dipakai pada pekerjaan yang merupakan struktub besar.

Adapun proses pembentukannya terjadi ketika ada pembekuan magma tapi prosesnya lebih lama dan hal ini membuat susunan materialnya jadi lebih besar. Sebab itu granit sering punya tampilan yang lebih spesifik dibanding jenis batu alam yang lain. Sebab proses pembekuan yang lambat ini menghasilkan pola-pola dan warna tertentu pada struktur batu tersebut. Dan karena terbentuk dari proses alam inilah, tidak ada aturan yang dijadikan sebagai standar baku kualitas untuk menentukan pilihan yang tepat. Karena itu sebelum membeli, ada baiknya mengetahui lebih dulu teknik memilih granit yang baik sehingga tidak ada kesalahan yang bisa membuat kita harus menanggung kerugian.

1. Penyesuaian Harga


Kita harus menyadari jika granit adalah bahan yang harganya tidak murah. Karena itu harus dipastikan kita bisa mendapatkan pola maupun warna yang seragam yang akan dipakai untuk menutup suatu bidang seperti lantai atau meja dan dinding dapur maupun kamar mandi dan sebagainya. Untuk ruang yang ukurannya besar, kadangkala lebih sulit menemukan granit yang sama semua. Karena itu apabila terpaksa memakai granit yang berbeda, harus dipikirkan efek dan nuansa yang muncul pada kombinasi bahan tersebut, apakah sesuai dengan yang diinginkan atau tidak. Dan yang pasti, harga granit yang warnanya sama akan punya harga yang lebih murah.Ketika menanyakan harga pada penjual, perlu diingat penentuan harga ini didasarkan pada jenis granit serta dari mana bahan tersebut berasal. Kita perlu tahu negara atau daerah mana saja yang merupakan penghasil granit terbaik. Jika jaraknya lebih jauh tentu harganya juga akan menjadi lebih mahal karena membutuhkan biaya transportasi yang tinggi untuk pengirimannya.

2.Daerah Asal


Indonesia sendiri sebenarnya tercatat sebagai salah satu penghasil batu granit terbaik di dunia. Daerah yang paling terkenal menjadi produsen batu granit antara lain adalah Tulungagung Jawa Timur serta Kabupaten Karimun di Kepulauan Riau. Jadi jika ada di daerah Jawa misalnya, maka lebih baik memilih granit dari Tulungagung karena ongkos kirimnya jadi lebih murah.Selain itu Lampung, Kalimantan, Yogyakarta, Kupang, Papua dan beberapa daerah di Sumetera juga tercatat sebagai penghasil batu granit. Namun diantara semua itu daerah yang jadi penghasil batu granit dengan kualitas yang paling baik sekaligus paling tua adalah Sulawesi Selatan.

3. Proses Pemasangan


Kemudian untuk proses pemasangannya, sebaiknya menggunakan tukang atau tenaga ahli yang memang punya ketrampilan khusus untuk mengaplikasikan material ini pada tempat atau ruang yang telah dtentukan. Karena bentuknya berupa lembaran atau lempengan berukuran besar, jika teknik pemotongannya salah, bisa menimbulkan akibat yang sangat fatal, granit tersebut menjadi tidak pas ukurannya dan tidak bisa dipasang.

4. Perawatan Extra


Lalu untuk perawatannya, lantai serta dinding dari granit merupakan material yang sistemnya termasuk paling rumit. Tiap tahun lantai granit harus diberi lapisan atau coating khusus sehingga tampilannya bisa terlihat bersih dan mengkilat terus. Kemudian jika terkena cairan seperti kopi, teh dan sebagainya harus segera dibersihkan secepat mungkin. Karena jika terlalu lama kotoran itu bisa menjadi noda yang tidak bisa dihilangkan lagi.

Namun dibalik harga yang mahal serta proses pemasangan dan perawatannya yang sangat rumit, batu granit bisa menghasilkan kesan yang sangat indah dan menarik pada ruang. Terutama motif atau pola yang muncul di batu tersebut.

Di Anugrah Bangunan, Anda bisa mencari lantai granit dengan banyak pilihan pola dan warna yang memiliki kualitas tinggi dan harga yang murah. Kami juga melayani pembelian secara online dan pengiriman ke seluruh wilayah indonesia. Selamat Berbelanja di toko Anugrah Bangunan.

Sumber : imagebali.net