Yuk Coba Inspirasi Keramik Roman yang Bikin Betah di Rumah!

Dari sekian banyak elemen rumah, lantai merupakan elemen penting yang dapat menunjang aktivitas di dalam ruang dan membentuk karakter ruang. Selain itu, lantai juga digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas semua orang di rumah dan untuk meletakkan perabot seperti kursi, meja, serta lemari.

Salah satu jenis keramik yang populer digunakan masyarakat untuk pelapis lantai yang baik adalah keramik roman. Keramik ini cenderung mudah diaplikasikan serta tersedia dalam berbagai warna, corak, dan pola. Keragaman inilah yang membuat keramik roman sering dijadikan pilihan oleh banyak orang.

Tertarik mengaplikasikan keramik roman di rumah Anda? Sebelum memutuskan membeli jenis keramik ini, sebaiknya Anda membaca dahulu ulasan berikut ini. Artikel ini akan membahas serba-serbi keramik roman, jenis, dan harga terbarunya.

Mengenal Keramik Roman

Keramik digemari oleh konsumen karena permukaan yang bervariasi dan model yang dapat disesuaikan dengan desain. (Foto: Pexels)

Pexels

Keramik digemari oleh konsumen karena permukaan yang bervariasi dan model yang dapat disesuaikan dengan desain.

Keramik roman merupakan merek keramik yang diproduksi oleh PT Satya Langgeng Sentosa. Perusahaan yang yang tergabung dalam Lyman Group ini sudah memproduksi ubin keramik sejak awal tahun 1970-an di Tulungagung, Jawa Timur.

Kemudian pada tahun 1990-an, pabrik keramik berikutnya yaitu PT Satyaraya Keramindoindah didirikan di Tangerang, Indonesia. Mengikuti kebutuhan pasar yang semakin meningkat, pabrik selanjutnya didirikan pada tahun 2007 di Jawa Timur dengan nama PT Roman Ceramic International.

Pada umumnya, keramik diproduksi dari bahan baku felspard, ball clay, kuarsa, dan air. Namun, proses pembuatan keramik roman juga menggunakan teknologi gres. Teknologi ini diklaim membuat keramik memiliki daya serap air yang lebih baik sehingga mampu mengurangi timbulnya masalah saat pemasangan.

Keramik roman juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu dilengkapi dengan lapisan anti gores, tahan terhadap noda, serta mempunyai daya tahan yang kuat dalam menahan beban berat. Selain itu, keramik ini tersedia dalam beragam motif, warna, tekstur, ukuran, serta desain yang bernilai artistik.

Jenis Keramik Roman

Desain keramik luar negeri memang memukau seperti di atas. Namun pilihan keramik roman juga siap masuk dalam daftar belanja Anda. (Foto: Pexels)

Pexels

Desain keramik luar negeri memang memukau seperti di atas. Namun pilihan keramik roman juga siap masuk dalam daftar belanja Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam memiliki jenis keramik roman yang tepat, berikut ini jenis-jenis keramik roman berdasarkan penggunaan, ukuran, warna, dan finishingdilansir dari Roman Ceramics.

Berdasarkan penggunaan, keramik ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu keramik dinding dan keramik lantai. Keramik untuk dinding biasanya memiliki desain yang artistik dan memesona. Mulai dari desain elegan, trendi, klasik, dan modern dapat meningkatkan estetika di ruangan. Sementara itu, keramik untuk lantai lebih menekankan pada kekuatan dalam menahan beban.

Dilihat dari sisi ukuran, keramik roman diproduksi dalam berbagai ukuran. Mulai dari ukuran 20×20, 25×25, 30×30, 40×40, 50×50, 60×60, hingga ukuran lainnya dengan bentuk selain persegi seperti 20×40, 25×50, 33.3×33.3, 34×39, dan 30×60.

Mengenai warna, keramik roman juga diproduksi dalam berbagai varian warna. Contohnya putih, hitam, beige, cokelat, dan warna-warna lainnya. Sementara dari sisi finishing, ada yang memiliki hasilan akhir matte, glossy, dan bertekstur.

Jika ingin menggunakan keramik roman sebagai pelapis lantai, pilih jenis finishing keramik yang sesuai dengan fungsi ruangan dan aktivitas Anda di ruangan itu.

Selanjutnya, inilah beberapa jenis keramik roman yang Anda bisa jadikan inspirasi untuk membantu membuat suasana di rumah semakin nyaman.

1.     Keramik Roman dVittoria untuk Nuansa Elegan

Keramik roman dVittoria akan memunculkan kesan elegan. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman dVittoria akan memunculkan kesan elegan. Jika Anda menyukai tampilan yang elegan di rumah, keramik roman dengan corak seperti marmer merupakan pilihan yang bagus. Salah satu pola yang bisa memunculkan kesan ini adalah dVittoria dengan warna dasar putih dan corak abu-abu. Kesan elegan akan tercipta di ruangan dengan lantai bercorak marmer yang mengilap.

2.     Keramik Roman dCatania untuk Tampilan Mewah

Keramik roman dCatania memiliki warna gold untuk tampilan mewah. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman dCatania memiliki warna gold untuk tampilan mewah.

Anda ingin memiliki hunian berkesan mewah? Cobalah memasukkan warna keemasan pada interior supaya hunian Anda terlihat lebih mewah. Keramik roman dCatania bisa Anda jadikan pilihan karena memiliki warna gold. Kesan ini didukung dengan motif batu alam yang khas dan ditambah dengan tampilan yang glossy.

3.     Keramik Roman Chrysant untuk Hunian Chic dan Minimalis

Keramik roman ‘Chrysant’ berwarna polos dengan motif batu untuk hunian bertema chic dan minimalis. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman ‘Chrysant’ berwarna polos dengan motif batu untuk hunian bertema chic dan minimalis.

Bagi Anda yang menyukai gaya minimalis, keramik polos dengan motif batu alam ini sangat tepat buat Anda. Keramik roman Chrysant tersedia dalam berbagai pilihan warna, mulai dari beige, abu-abu, hingga cokelat yang natural sehingga cocok untuk diaplikasikan pada hunian bertema chic dan minimalis.

4.     Keramik Roman dModesto untuk Tampilan Kekinian

Keramik roman dModesto sering diaplikasikan untuk menghadirkan kesan modern yang kekinian. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman dModesto sering diaplikasikan untuk menghadirkan kesan modern yang kekinian.

Keramik roman dModesto ini memiliki potongan heksagon yang merupakan potongan populer saat ini. Gaya ini sering diaplikasikan di rumah-rumah dengan interior masa kini karena pola heksagon memberikan nuansa modern yang kekinian.

5.     Keramik Roman dParquet untuk Nuansa Alam yang Hangat

Keramik roman dParquet memiliki pola seperti kayu alami untuk menghadirkan suasana hangat di dalam ruangan. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman dParquet memiliki pola seperti kayu alami untuk menghadirkan suasana hangat di dalam ruangan.

Jika Anda menginginkan suasana hangat dan kesan alami, Anda bisa mengaplikasikan keramik roman dParquet. Keramik ini memiliki pola seperti kayu alami dengan warna natural sehingga bisa membantu menghadirkan suasana hangat di dalam ruangan.

6.     Keramik Roman dCammino untuk Area Outdoor

Keramik roman dCammino memiliki pola mosaik yang cocok untuk area outdoor. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman dCammino memiliki pola mosaik yang cocok untuk area outdoor.

Keramik roman dCammino memiliki pola mosaik yang unik dan artistik. Pola mosaik ini tepat diterapkan di area outdoor seperti garasi dan taman. Anda juga bisa menggunakan keramik berpola mosaik ini sebagai pelapis dinding di ruangan yang mudah basah seperti kamar mandi.

7.     Keramik Roman dBatur untuk Gaya Industrialis

Keramik roman dBatur bercorak batu alam berwarna menghadirkan kesan indutrialis. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman dBatur bercorak batu alam berwarna menghadirkan kesan indutrialis.

Untuk hunian bergaya industrialis, keramik roman dBatur akan sangat sesuai. Keramik ini memiliki corak batu alam berwarna dan menghadirkan kesan indutrialis yang mengingatkan Anda dengan gaya ala pabrik. Kesan rustic juga bisa dihadirkan karena hasil akhirnya matte sehingga cocok dengan gaya tersebut.

8.     Keramik Roman Vinson untuk Gaya

Keramik roman Vinson memiliki motif bunga dengan warna natural yang cocok untuk gaya vintage. (Foto: romanceramics.com)

romanceramics.com

Keramik roman Vinson memiliki motif bunga dengan warna natural yang cocok untuk gaya vintage.

Bagi Anda penyuka gaya vintage, keramik roman Vinson ini cocok dijadikan pilihan untuk pelapis dinding atau lantai. Keramik ini memiliki motif bunga dengan warna natural, sehingga tidak terlalu mencolok, tetapi mampu menonjolkan gaya vintage.

Sumber : www.rumah.com