Cara Membersihkan Toilet Duduk Selalu Bersih dengan Cara yang Mudah dan Praktis!

Pusing dengan noda membandel di kloset duduk? Kami akan menjelaskan cara membersihkan kloset duduk agar noda segera hilang. Saat ini, kloset duduk sudah menjadi pilihan untuk toilet di rumah dibandingkan dengan kloset jongkok. Kloset duduk memiliki banyak kelebihan termasuk bisa lebih hemat dalam penggunaan air saat digunakan. Harga kloset duduk juga sebenarnya sudah terjangkau, warnanya pun banyak, dan lebih mudah digunakan.

Bagi lansia (lanjut usia) bisa memudahkan aktivitas buang air, begitu juga untuk balita yang sedang belajar toilet training. Namun, lazimnya peralatan rumah tangga yang ada di rumah, toilet duduk bisa kotor dan juga rusak. Bagaimana menghilangkan noda atau kotoran yang ada di toilet jongkok? Anda tidak perlu khawatir. Kami akan mengulas cara membersihkan toilet duduk. Mudah banget, kok.

Anda dan anggota keluarga lainnya akan menggunakan toilet duduk secara rutin setiap harinya. Toilet duduk dipakai untuk buang air kecil dan buang air besar. Jadi bisa dibayangkan betapa banyak noda atau kotoran yang menempel. Apalagi kalau rumah hanya memiliki satu toilet duduk, sementara yang menggunakan bisa tiga atau empat orang. Setelah sekian lama, Anda akan menjumpai kloset duduk terutama bagian duduk berubah warna. Mau tidak mau, Anda harus rutin membersihkan toilet duduk lantaran bagian ini mengandung kuman dan bakteri dalam jumlah banyak. Kalau toilet duduk berwarna putih, maka nantinya bisa berubah warna menjadi kuning yang tentunya tidak enak dilihat. Jadi bagaimana sih cara membersihkan cara kloset duduk yang kuning? Seperti apa cara dudukan kloset? Lantas bagaimana juga menghilangkan noda di tutup kloset? Nah, artikel ini akan mengulas tips membersihkan kloset duduk dengan mudah.

1. Membersihkan Toilet Duduk Menggunakan Pemutih Pakaian 

Pastinya Anda memiliki pemutih pakaian di rumah untuk menghilangkan noda dan kotoran di baju putih. Manfaatkan pemutih pakaian untuk menghilangkan kloset duduk sebagai cairan pembersih yang ampuh. Pemutih pakaian merupakan pembersih dan disinfektan yang ampuh untuk membersihkan apa saja. Cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan toilet duduk.

Cara penggunaannya pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan pemutih pakaian dengan air lantas menyiramkan ke seluruh permukaan toilet duduk. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan secara perlahan menggunakan sikat atau spons.

Jika ada noda yang membandel, Anda bisa memberikan campuran cairan pemutih yang lebih banyak. Usai noda menghilang, jangan lupa membilas toilet duduk menggunakan air hingga tidak ada lagi noda atau cairan pemutih.

2. Membersihkan Toilet Duduk Memakai Baking Soda

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan toilet duduk adalah baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue. Baking soda bisa dipakai untuk menghilangkan noda di toilet duduk yang sudah menjadi kerak kotoran.

Campurkan baking soda dengan air sehingga membentuk seperti pasta, kira-kira seperti pasta gigi. Oleskan pasta tersebut pada bagian bernoda atau berkerak dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan bagian yang bernoda menggunakan spons atau sikat hingga bersih tanpa noda.

Jika sudah selesai, jangan lupa membilas toilet duduk dengan air bersih hingga noda tidak lagi ada.

3. Membersihkan Toilet Duduk Memakai Cuka 

Bahan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan toilet duduk adalah cuka yang biasanya dipakai untuk makan atau memasak. Seperti halnya dua bahan di atas, cara pemakaian cuka ini juga mudah lho. Anda bisa mengoleskan menggunakan tisu.

Basahi tisu dengan cuka. Letakkan tisu ini ke seluruh bagian toilet duduk terutama pada bagian dudukan. Diamkan selama kurang lebih 1-2 jam. Langkah selanjutnya adalah membuka tisu tersebut satu persatu. Jika ada noda yang masih membandel, Anda bisa menuangkan langsung cuka pada kotoran tersebut. Gunakan sikat yang halus atau spons untuk membersihkan kotoran hingga tuntas. Ulangi langkah ini hingga tidak ada lagi kotoran.

Demikianlah berbagai tips cara membersihkan toilet duduk, dengan praktis dan mudah. Jika Anda ingin membeli toilet duduk, kami menyediakan berbagai perlengkapan kamar mandi dari Toto. Kami menerima pembelian dan pemesanan secara online dan offline, dan juga pengiriman ke seluruh Indonesia. Tunggu apalagi? Anda bisa mengunjungi toko kami sekarang juga!

 

Sumber : rumah123.com