Mau Pasang Shower? Perhatikan Tips Berikut Ini!

Dibandingkan menggunakan bathtub atau bak mandi, shower memang lebih menghemat air. Rata-rata, jika Anda mandi dengan shower, air yang digunakan tak mencapai sepertiga air yang biasanya Anda gunakan saat berendam atau mandi dengan gayung. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk mengganti bak kamar mandi Anda dengan shower, perhatikan sejumlah tips berikut ini.

Jangan menggunakan wall shower

Posisi wall shower yang permanen membuat banyak air yang terbuang sia-sia. Niatnya, sih, Anda ingin memiliki kamar mandi sekeren hotel atau gym, sehingga Anda menggunakan shower besar yang ditempel di tembok dan kepala showernya menjulur tepat di atas kepala. Memang, pancuran airnya lebih besar dan menyegarkan, namun shower ini lebih boros penggunaan airnya dibandingkan jika Anda menggunakan shower biasa.

Gunakan hand shower

Volume air yang keluar dari hand shower bisa diatur. Selain itu, bisa diarahkan ke bagian tertentu pada tubuh sehingga lebih efektif dan hemat air. Shower yang memiliki gagang sehingga Anda bisa memegangnya akan lebih cocok digunakan oleh anggota keluarga lainnya seperti anak Anda. Pasalnya ukuran ketinggian shower dapat disesuaikan dengan tinggi tubuh anak. Anda pun dapat dengan mudah mengarahkan shoer ke bagian tubuh tertentu yang membutuhkan air, misalnya punggung, area kaki, atau bagian lipatan seperti siku atau leher.

Gunakan sekat untuk area mandi

Akan lebih baik jika Anda menggunakan pembatas antara area mandi dengan toilet atau wastafel. Soalnya, saat mandi dengan shower, air akan bercipratan ke seluruh sudut di kamar mandi. Memang dinding dan lantai kamar mandi akan kering dengan sendirinya, tapi cipratan air yang mengandung sabun akan membuat dinding kamar mandi dan toilet menjadi cepat kusam dan kotor. gunakan sekat seperti partisi, kaca, atau tirai untuk membatasi area bilas.

Cek saluran air

Aliran air saat mandi dengan shower cenderung lebih cepat, sehingga membutuhkan saluran air yang tak terhambat agar air tidak menggenang di bawah shower Anda. Sebelum memasang shower, perhatikan saluran air kamar mandi Anda, pastikan tak ada sumbatan dan selalu bersihkan penutup saluran air setelah mandi agar tak ada rambut yang tersangkut yang akan membuat saluran mampat.

Perhatikan semprotan airnya

Jangan hanya puas dengan bentuk shower yang unik, perhatikan pula semprotan airnya. Sebaiknya pilih shower yang semprotan airnya dapat diatur. Misalnya, bisa menghasilkan percikan air yang halus yang cocok untuk anak-anak dan lansia atau semprotan yang kuat yang biasanya Anda perlukan saat mandi.

Kami toko Anugrah Bangunan menyediakan berbagai perlengkapan mandi dari berbagai merk seperti toto, dsb. Kami juga melayani pemesanan secara online dan offline, serta pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia