Inspirasi Pemakaian Pelapis Lantai Granit di Hunian!

Banyak pilihan pelapis lantai yang tersedia di pasaran. Yang paling baru, ada material pelapis lantai yang sering disebut granit tile atau homogeneous tile. Berbeda dengan ubin keramik yang memiliki dua lapisan tanah liat dan glasur granit tile hanya memiliki satu lapisan yang sama dari bagian atas hingga bawahnya atau homogen sehingga pelapis yang satu ini sering juga disebut homogeneous tile.

Lantai granit memiliki banyak keunggulan sehingga dapat dijadikan pilihan ideal untuk melapisi lantai rumah. Salah satu keunggulan lantai granit adalah lebih kuat dibanding dengan keramik. Ini disebabkan oleh proses pressing yang dilalui oleh lantai granit. Sebelum dibakar dalam suhu 1230OCelcius, lantai granit terlebih dahulu dipres. Proses pres dan pembakaran di suhu setinggi ini membuat body granit tile menjadi lebih kuat. Meski begitu, permukaan lantai granit tetap halus dan sangat cemerlang, hal inilah yang membuat lantai granit tampak mewah.

Keunggulan yang lain dari lantai granit adalah lebih unggul dari segi visual dan mudah diaplikasikan. Tepi granit tile sangat presisi dan membentuk siku. Saat diaplikasikan, material ini tak memerlukan nat yang terlalu lebar sehingga tampilan akhir menjadi mewah. Di samping itu, lantai granit lebih tahan lama juga tahan terhadap goresan dan noda.

 

Lantai granit juga tersedia dalam banyak motif. Ada yang menyerupai batu alam. Ada pula yang bermotif seperti gurat kayu asli. Untuk granit tile bermotif kayu ini, biasanya keping granit tile tidak melalui pemolesan (unpolished) sehingga lebih terasa alami ketika diinjak. Ukurannya pun bermacam-macam, tak terbatas di 60 cm x 60 cm. Beberapa pelapis lantai granit berupa kepingan besar 120 cm x 60 cm. Ukuran inilah yang paling banyak digemari karena menghemat waktu pemasangan.

Sementara untuk warna, lantai granit memiliki beberapa warna yang sebaiknya dipilih berdasarkan fungsi ruang, sehingga karakter ruangan dan warna lantai granit dapat menjadi komposisi yang pas. Berikut beberapa inspirasi lantai granit yang dapat Anda curi idenya sebagai pelapis lantai di rumah Anda.