Lantai Keramik atau Granit, yang Mana yang Cocok Buatmu?

Memilih material lantai adalah salah satu bagian penting yang akan menentukan penampilan dan penggunaan rumah secara jangka panjang. Otomatis, kalian yang sedang mempertimbangkan bahan- bahan lantai yang ada harus benar- benar mengetahui beberapa aspek atas pilihan yang ada. Umumnya, lantai rumah sering menggunakan antara keramik atau keramik granit.

Keduanya memiliki karakteristik yang kokoh, tahan lama dan berkelas untuk flooring. Oleh karena itu, Kania akan memberikan beberapa faktor pertimbangan  khusus saat memilih lantai keramik atau keramik granit. Semoga membantu!

Lantai Keramik dan Keramik Granit, Penampilannya

Penampilan Keramik Granitgoogle.com

Dari segi penampilan, keramik biasa memiliki banyak variasi yang tidak habis- habisnya – baik dari segi warna, finishing, motif dan gaya. Untuk hal ini , keramik granit bisa dikatakan lebih terbatas jika dibandingkan dengan keramik biasa. Hal ini dikarenakan keramik granit terbuat dari batu alami, jadi penampilannya lebih sering ditandai dengan corak yang tidak teratur dan warna yang bervariasi. Keramik granit juga memiliki finishing kilat atau biasa.

Pertanyakan apakah kamu menyukai penampilan lantai yang tidak terlalu seragam alias random atau memilih lantai keramik yang polos dari ujung ke ujung. Lihat dulu sampel masing- masing dari keramik biasa dan keramik granit sebelum membuat keputusan.

Perawatan Keramik Granit

Perawatan Keramik Granitgoogle.com

Pemeliharaan lantai keramik berkaitan dengan ketersediaan waktu yang ingin kamu sisihkan setiap harinya. Keramik granit adalah salah satu bahan desain lantai yang paling tahan pakai dibandingkan lainnya. Keramik granit juga lebih sulit pecah, retak atau rusak dibandingkan keramik biasa. Tetapi, keramik granit lebih “berpori-pori” dibandingkan keramik biasa, sehingga lebih mungkin meninggalkan bekas noda.

Sebagai solusinya, kalian boleh melakukan proses sealing  terlebih dahulu untuk keramik granit . Proteksi ini umumnya juga harus dilakukan selama beberapa tahun sekali untuk lantai keramik granit.

Biaya Keramik Granit

Biaya Keramik Granitgoogle.com

Salah satu penentuan dalam pemilihan desain lantai biasanya adalah biaya. Keramik granit pastinya akan lebih mahal dibanding lantai keramik biasa, tetapi ada pula keramik biasa dengan kualitas super yang bisa lebih mahal dibandingkan keramik granit. Ini artinya, variasi harga bisa disesuaikan dengan kualitas benda tersebut kembali. Namun umumnya, keramik granit kualitas baik akan tetap lebih mahal dibandingkan keramik biasa kualitas tinggi.

Jadi, pembeli yang bijak harus mampu menganalisa pilihan keramik dengan seksama, terutama dari segi kualitas. Jika kamu memang menginginkan keramik granit namun terkendala biaya, boleh mencoba solusi kombinasi dengan keramik biasa. Misalnya, menggunakan beberapa keramik granit sebagai variasi di lorong koridor tetapi tetap menggunakan keramik biasa untuk flooring di rumah.

Instalasi Keramik Granit

Install Keramik Granityoutube.com

Selain biaya pembelian keramik itu sendiri, pertimbangkan juga biaya instalasi yang cukup signifikan nantinya. Intalasi keramik granit biasanya lebih mahal dibandingkan ubin keramik biasa karena teknik pemasangan yang lebih sulit dan butuh ketelitian. Selain itu, dibutuhkan mesin khusus untuk pemotongan keramik granit.
Sudah memutuskan ingin memasang lantai apa di rumah?

Sumber: www.dekoruma.com