Material Lantai Dapur yang Cocok untuk Rumah Anda!

Dapur salah satu tempat penting untuk Anda dan keluarga. Meskipun letaknya kerap kali tersembunyi, namun sudah pasti dapur akan selalu digunakan dan dikunjungi anggota keluarga. Sebagai salah satu ruangan yang sangat aktif, penting bagi Anda untuk menatanya dengan lebih aman dan nyaman. Elemen interior utama yang dapat berpengaruh kepada suasana dapur adalah pemilihan lantai dapur.

Pastinya Anda lebih sering memasak di dapur dengan berdiri, berjalan kesana kemari, ataupun hingga duduk di lantai. Dalam kegiatan masak memasak tentu terdapat percikan minyak, remah-remah makanan, hingga genangan air. Bahkan, dapat terjadi kemungkinan terburuk adalah peralatan dapur yang berat seperti panci dapat terjatuh ke lantai. Hal inilah yang dikhawatirkan merusak lantai dapur atau membuatnya pecah.

Sebab itu, pemilihan material lantai dapur perlu dipertimbangkan secara cermat sesuai kebutuhan. Lantai dapur harus tahan terhadap segala kemungkinan kerusakan. Pilihlah material lantai dapur yang fungsional hingga menarik secara estetika. Hal ini sangat penting dalam menghadirkan suasana dapur yang aman sekaligus nyaman.

1. Keramik yang Klasik


Lantai dapur jenis ubin keramik merupakan tipe klasik yang paling banyak digunakan, terutama warna putih. Untuk menghadirkan variasi warna, pilihlah motif ubin yang lebih beragam. Namun, sesuaikan dengan tampilan desain dapur Anda agar terlihat serasi dan sedap dipandang. Pada dasarnya, ubin punya ketahanan yang bagus terhadap panas dan air. Selain itu, ubin keramik pun mudah dibersihkan dan tahan terhadap bahan pembersih kimia.

2. Lantai Dapur Kayu

Biasanya, lantai kayu banyak digunakan pada ruang keluarga atau kamar tidur. Namun, bukan berarti Anda dilarang menggunakan kayu untuk lantai dapur. Lantai kayu bahkan dapat diaplikasikan ke berbagai gaya desain untuk mempercantik dapur Anda. Lantai kayu sangat sempurna untuk gaya rustic. Selain itu, apabila diterapkan pada dapur bergaya industrial hasilnya akan terlihat kontras dan indah.

Akan tetapi, perlu penanganan ekstra dan khusus untuk menjaga ketahanannya. Anda harus rajin-rajin memberi pelapis pada lantai kayu, supaya menghindari noda bekas air dan juga goresan. Perawatan secara teratur merupakan keharusan, jika Anda memutuskan menggunakan lantai kayu untuk dapur. Jangan lupa untuk menaruh bantalan pada bawah kaki meja dan kursi agar tidak menimbulkan goresan saat digeser-geser.

3. Lantai Dapur Menggunakan Batu Alami

Lantai berbahan batu alam dapat dibilang sebagai opsi yang sangat tepat untuk dapur Anda karena memiliki ketahanan baik. Tahan terhadap noda dan air merupakan kelebihan dari lantai ini sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan pada dapur Anda. Pilihan lantai batu alami sangat beragam, dan dapat disesuaikan dengan selera dan desain interior dapur.

Cobalah memilih lantai batu granit karena karakternya yang keras dan kuat. Sementara, yang paling populer adalah lantai batu marmer, tetapi membutuhkan perawatan khusus karena lebih sensitif ketimbang granit. Lantai marmer menuntut untuk segera dibersihkan, supaya noda atau percikan bekas makanan tidak membekas di lantai.

Itu adalah beberapa pilihan lantai yang bisa Anda terapkan pada ruangan dapur Anda. Beberapa motif diatas, bisa juga menggunakan lantai granit sebagai solusinya, agar lebih tahan lama dan indah. Lantai granit sendiri juga memiliki beberapa motif yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dapur Anda. Selain granit, kami juga menjual perlengkapan lain untuk kebutuhan hunian Anda. Kami juga menerima pemesanan secara online dan offline dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.