Manfaat Penggunaan Granit untuk Interior Rumah Anda!

Memilih bahan atau material untuk hunian tentu harus mempertimbangkan beberapa faktor. Apalagi jika Anda ingin material yang dipilih bisa tahan hingga berpuluh-puluh tahun. Salah satu material rumah yang selalu menjadi favorit dan cukup terkenal karena bermacam kelebihan dan manfaat adalah batu granit.

Material alami yang satu ini memiliki banyak desain yang mewah dan menawan. Tidak hanya itu, batu granit juga punya segudang manfaat yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Material ini punya tampilan yang mewah sekaligus praktis dan punya daya fungsionalitas yang tinggi. Apa saja manfaat dari granit sebagai material rumah? Yuk, cari tahu!

Bisa Digunakan Jangka Panjang

Inilah salah satu alasan mengapa harga granit cukup tinggi jika dibandingkan dengan material lain karena memang batu ini memiliki kualitas yang baik untuk digunakan pada hunian. Lantai dari batu granit misalnya bisa tahan hingga lebih dari 10 tahun jika Anda merawatnya dengan tepat.

Jadi dengan menggunakan material ini, Anda tentu bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering-sering mengganti atau merenovasi lantai. Anda pun tidak akan menyesal jika ingin mengeluarkan uang lebih untuk membeli material yang memang benar-benar berkualitas.

Tahan Air dan Kelembapan

Masalah yang paling sering dijumpai pada flooring dengan material lain seperti kayu adalah pelapukan, mudah pecah, atau rapuh dimakan usia. Hal ini berbeda dengan granit. Granit yang sudah mendapatkan proteksi berupa lapisan seal akan memiliki daya tahan terhadap air dan kelembapan. Bahan ini pun cocok untuk digunakan pada berbagai area termasuk area basah seperti dapur dan kamar mandi.

Tidak Mudah Lapuk

Bagi kita yang tinggal di Indonesia dengan dua musim, yaitu panas dan hujan, maka menggunakan material granit bisa menjadi pilihan yang tepat. Walaupun diterpa oleh perubahan cuaca yang tak menentu, struktur granit yang kuat tidak akan mudah lapuk dan berjamur ketika suhu udara dalam ruangan sangat lembap karena cuaca hujan.

Desain dan Warna yang Variatif

Kemajuan teknologi telah berhasil menghadirkan berbagai variasi granit dari aspek warna dan motif. Dengan begitu, saat ini Anda pun bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan granit yang paling sesuai dengan selera, kebutuhan, serta karakter Anda sebagai pemilik hunian. Tak hanya itu, granit juga punya pilihan finishing yang berbeda-beda.

Finishing polished akan memberikan aksen kilat yang cocok digunakan pada bangunan mewah. Kesan reflektif yang muncul dari finishing tipe ini cocok untuk dijadikan aksen mewah dan berbeda pada hunian, terutama pada area yang jarang dilewati. Semakin tinggi finishing yang digunakan, maka material granit pun akan semakin licin.

Ada juga finishing honed yang bisa Anda pilih untuk area yang lebih sibuk atau sering dilewati. Finishing ini memiliki struktur non-kilat sehingga tidak begitu reflektif. Sedangkan, granit jenis brushed memiliki tekstur permukaan yang berpadu antara kasar dan lembut. Granit ini punya pori-pori yang lebih terlihat, namun tidak terasa sangat kasar saat disentuh. Intinya, sesuaikan saja finishing dengan kebutuhan Anda.

Kuat dan Mudah Dibersihkan


Granit merupakan jenis batu keras yang hampir tidak mungkin untuk dihancurkan. Hanya dengan perawatan rutin yang tepat, batu ini bisa digunakan seumur hidup dan bahkan tetap terlihat baik walaupun telah dimakan zaman. Granit juga mudah dibersihkan jika terkena noda. Cara membersihkannya hanya cukup dilap atau dipel dengan air biasa untuk mencegah kotor. Granit juga tahan gores dan anti panas. Wah, kuat sekali ya?

Resistan Terhadap Bakteri

Punya anak kecil di rumah? Atau Anda rentan terhadap alergi? Nah, batu granit punya kelebihan untuk Anda yang rentan alergi, seperti debu, tungau atau yang lainnya. Granit memiliki resistensi terhadap bakteri dan zat alergen. Dengan perawatan yang rutin seperti dilap bersih dengan air atau disapu, granit bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan Anda dan keluarga secara langsung.

Kualitas Sesuai dengan Harga

Mungkin Anda masih berpikir untuk membeli granit karena harganya yang mahal dan kurang terjangkau. Coba deh pertimbangkan kembali untuk pemakaian jangka panjang. Tidak akan membuang-buang uang atau pemborosan jika Anda berinvestasi pada granit yang tahan lama dan kuat.

Semakin tertarik untuk menggunakan batu granit sebagai salah satu bahan interior di rumah Anda? Asalkan dirawat dengan baik dan rutin, material batu granit pasti akan memberikan keuntungan dan manfaat untuk Anda ke depannya. Disini kami menyediakan berbagai macam lantai granit sesuai dengan kebutuhan hunian Anda! Kami juga menerima pembelian dan pemesanan secara online dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi? Yuk, pesan lantai granit sesuai hunian yang Anda inginkan hanya di Anugrah Bangunan!